Skip to main content

Cara Setting Bump Map Vray

Bump map adalah parameter yang akan membuat permukaan objek menjadi timbul dan padat. Sama halnya Normal map, Bump map membutuhkan file yang disebut file Bump. File ini berupa material utama yang di edit.

Bump map biasanya digunakan pada material yang bertekstur, seperti kayu, hpl, lantai keramik, dan batu bata. Namun terkadang bump juga bisa digunakan pada material Color.

Tidak seperti HDRI Map yang perlu peralatan khusus, Bump map bisa kita buat sendiri dengan alat sederhana, yaitu menggunakan Photoshop. Tutorial membuat bump map dapat kamu lihat pada postingan saya sebelumnya.

Lalu bagaimana cara setting bump map di Vray Sketchup?

Berikut ini adalah tutorial lengkap cara menggunakan (setting) bump map di Vray Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Vray 5, silakan sesuaikan saja jika kamu menggunakan versi program yang berbeda.

Cara Setting Bump Map Vray Sketchup

  • Langkah pertama siapkan material bump map terlebih dahulu, jika belum ada, kamu bisa download atau buat sendiri menggunakan Photoshop.
  • Kemudian buka Sketchup Vray, lalu tambahkan material tersebut ke objek. Kali ini saya menggunakan material HPL, contohnya seperti ini.
  • Langkah selanjutnya buka Vray Asset Editor, lalu setting bump map dengan cara klik menu Bump -> Texture Slot -> Bitmap.
  • Setelah itu input file bump yang sudah kamu siapkan sebelumnya. File bump harus disimpan pada satu lokasi yang sama.
  • Langkah terakhir silakan kamu atur nilai kepadatan material, semakin tinggi nilainya, semakin kasar materialnya. Untuk material HPL, saya biasanya menggunakan nilai antara 0,05 sampai 0,4.

Penutup

Bump dan Normal map merupakan parameter Vray yang memiliki fungsi yang sama, yaitu membuat material texture lebih padat dan menonjol. Silakan gunakan salah satu sesuai kebutuhan.

Demikian tutorial cara mensetting Bump map Vray Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.