Skip to main content

Cara Setting Material Keramik Vray Sketchup

Cara Setting Material Keramik Vray Sketchup - Untuk mendapatkan gambar rendering yang realistis, diperlukan settingan khusus pada setiap material yang dipakai. Kita tahu bahwa didunia nyata setiap material memiliki sifat dan karakternya sendiri.

Misalnya material keramik dan granit, meski sama sama memiliki sifat yang mengkilap namun tingkat pantulan pada kedua material tersebut cukup berbeda. Jika kita perhatikan secara langsung, material keramik memiliki tingkat pantulan cahaya yang kuat, hal ini tentu berbeda pada granit.

Nah pada postingan kali ini kita akan coba membuat settingan material keramik yang realistis dengan menggunakan Vray Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Vray 4 dan Sketchup 2020. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

Jika perlu, anda bisa download material keramik pada link berikut.

Cara Setting Material Keramik Lantai Realistic Vray Sketchup

  • Langkah pertama jalankan program Sketchup dilaptop atau komputer, lalu buka file anda. Contohnya seperti ini.
  • Langkah selanjutnya masuk ke Vray Aseet Editor -> Create Asset -> Materials lalu pilih Generic.
  • Kemudian pada menu Diffuse, klik kotak Texture Slot setelah itu pilih menu Bitmap lalu masukan tekstur keramik yang sudah anda siapkan
  • Langkah selanjutnya buka menu Reflection, lalu ubah Reflection Color menjadi putih, Reflection Glossiness: 0,8 - 0,9. Sebenarnya ini sudah cukup untuk menghasilkan efek mengkilap, namun jika perlu kita bisa menambahkan Reflection IOR.
  • Kemudian buka menu Bump, setelah itu klik Texture Slot lalu pilih Bitmap terus masukan file bump yang sudah kamu siapkan.
  • Langkah terakhir terapkan material tersebut kepermukaan objek. Biar lebih mudah silakan ganti namanya terlebih dahulu.

Penutup

Selain memperhatikan sifat material yang dipakai, gambar rendering yang bagus juga dipengaruhi oleh beberapa settingan seperti vray lighting, bump dan displacement. Tutorialnya akan kita bahas pada postingan saya selanjutnya.

Demikian panduan cara setting material keramik mengkilap di Vray Sketchup. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya