Skip to main content

Cara Membuat Nat Keramik di Sketchup

Tutorial membuat nat keramik di Sketchup. Dulu saya membuat nat keramik dengan cara manual, yaitu menggaris permukaan objek satu persatu. Hal itu tidak salah, hanya saja cara tersebut kurang efektif karena membutuhkan banyak waktu.

Daripada membuatnya manual, kemudian saya memilih menggunakan material keramik yang nat-nya sudah tersusun. Material ini mudah saya cari, namun nat akan terpotong saat saya gunakan pada objek.

Akhirnya saya coba membuat nat keramik sendiri menggunakan Photoshop. Cara ini jauh lebih simpel ketimbang saya membuatnya manual. Jika anda tertarik, berikut tutorial cara membuat nat keramik lantai Sketchup di Photoshop

Cara Membuat Nat Keramik Sketchup Menggunakan Photoshop

  • Langkah pertama download material keramik terlebih dahulu. Gunakan material keramik lantai yang tidak memiliki nat, material jenis ini bisa anda download di Google. Contohnya seperti ini.
  • Kemudian buka photoshop, lalu masukan material tersebut ke photoshop. Langkah selanjutnya klik sekali ikon kunci, setelah itu klik 2 kali pada area tersebut sehingga muncul jendela pengaturan baru.
  • Selanjutnya centang menu Stroke, lalu biarkan size nya 1, setelah itu atur warna nat nya pada menu Color.
  • Terakhir simpan dan material siap digunakan pada objek. Agar hasilnya realistis, kita bisa mensetting material keramik di Vray.

Penutup

Material keramik yang didownload dari Google image tidak memiliki material pendukung seperti bump dan normal map. Namun jangan khawatir karena kita bisa membuatnya di photoshop, tutorial normal map bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya.

Demikian cara membuat nat keramik di Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.