Skip to main content

Cara Menambahkan Material di Sketchup

Tutorial cara menambahkan material di Sketchup. Material merupakan komponen utama dalam 3d modeling. Menggunakan material yang tepat akan membuat gambar 3d semakin bagus dan menarik. Agar material menempel dengan baik, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan yaitu jenis dan kualitas material.

Pada umumnya material Sketchup terdiri dari 2 kategori, yaitu material dasar dan material tekstur. Material dasar adalah material warna yang tidak memiliki pola atau tekstur. Dengan menggunakan material ini, kita bisa menambahkan material dari galeri gambar kita.

Menambahkan material Sketchup disini maksudnya, kita bisa memberi material dari gambar tekstur yang kita inginkan. Misalnya gambar hpl, granit, atau keramik. Ketiga gambar ini tentunya tidak tersedia didalam material library, oleh karena itu kita harus menambahkannya secara manual.

Menambahkan material Sketchup bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu dengan cara biasa (basic), import dan default try. Tutorial import Sketchup bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya.

Cara Menambahkan Material di Sketchup

  • Untuk menambahkan material di Sketchup caranya sebagai berikut: Pertama silakan tekan B pada keyaboard. B adalah shortcut Sketchup yang digunakan untuk menampilkan Paint Bucket tool.
  • Selanjutnya beri material dasar pada objek 3d anda. Contohnya disini saya menggunakan material dasar hijau.
  • Kemudian klik Edit, lalu centang menu Use Texture Image atau klik Browse for Material Image File.
  • Setelah itu pilih material gambar yang ingin anda gunakan, lalu klik Ok. Contoh disini saya menggunakan material hpl.
  • Maka secara otomatis material gambar akan menempel pada objek. Contohnya seperti ini.
  • Langkah terakhir tinggal anda atur opacity, panjang dan lebarnya agar sesuai dengan bidang 3d anda. Opacity digunakan untuk membuat objek transparan. Atur dengan cara menggesernya kekiri. Dan apabila material masih terpotong, anda bisa menggunakan pengaturan Texture Position.

Penutup

Seperti yang sudah saya tulis diatas, ada 3 cara untuk menambahkan material di Sketchup yaitu cara basic, import dan default try. Silakan pilih salah satu yang menurut anda paling cepat dan mudah.

Demikian tutorial cara menambahkan material di Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jangan lupa share ya.