Skip to main content

Cara Membuat Lampu Plafon Sketchup Menyala

Tutorial membuat lampu plafon Sketchup. Untuk membuat lampu plafon, pertama buatlah bentuk persegi panjang menggunakan rectangle tool, kemudian bentuk menjadi objek 3d, lalu kita tambahkan detail atau pola dekoratif yang akan membuatnya lebih menarik.

Apakah sudah selesai? tentu belum. Agar lampu plafon lebih realistis, kita bisa merendernya menggunakan Vray. Dengan dirender maka lampu akan hidup dan cahaya akan menyebar keseluruh ruangan.

Cara Membuat Lampu Plafon Sketchup Menyala Menggunakan Vray Rectangle Light

Sesuai judul diatas, untuk membuat lampu plafon menyala menggunakan rectangle light caranya sebagai berikut

  • Pertama siapkan objek plafonnya terlebih dahulu. Contohnya seperti ini.
  • Selanjutnya klik Rectangle light, lalu letakan di sela-sela plafon. Gunakan fitur mirror atau flip along agar lebih mudah mengatur posisinya. Contohnya seperti ini
  • Setelah itu masuk ke Vray Asset Editor - > Lights, lalu setting pada bagian lampu plafon yang anda gunakan. Misalnya intensitas, warna lampu, jarak cahaya dan parameter lainnya.
  • Langkah terakhir tinggal anda sesuaikan dengan ruangan, misal menambah intesitas atau mengatur letak lampunya. Setelah dirender hasilnya seperti ini.

Penutup

Gimana mudah kan?. Selain menggunakan rectangle light, lampu plafon bisa kita buat dengan emissive, namun bagi saya kurang cocok, karena cahaya yang dihasilkan tidak menyebar secara sempurna.

Emissive adalah pengaturan yang akan merubah material Sketchup menjadi lampu atau cahaya. Tutorial emissive light bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya.