Skip to main content

Cara Membuat Lampu Tulisan Menyala di Sketchup

Tulisan menyala atau neon box sering kita temui pada penamaan nama tempat, toko atau kafe. Selain untuk penamaan nama tempat, lampu ini juga bisa kita pakai untuk membuat dekorasi rumah yang keren dan estetik.

Namun sebelum membuatnya secara realife, kita bisa lho mendesainnya terlebih dahulu menggunakan Vray Sketchup. Dengan program ini kita bisa membuat 3D simulasi efek lampu yang realistis.

Di Vray Sketchup terdapat material yang disebut Emissive, material ini akan merubah material apapun menjadi sumber cahaya. Material inilah yang nantinya kita gunakan untuk menghasilkan efek lampu yang menarik.

Selain untuk efek tulisan menyala, emissive dapat kita kombinasikan pada material gambar. Fungsinya untuk menghasilkan efek lampu pada layar tv atau komputer. Nah tutorialnya dapat anda lihat pada postingan saya sebelumnya.

Ohya sekedar informasi, Vray adalah plugin Sketchup yang di install secara terpisah. Jadi bukan termasuk fitur yang disediakan oleh Sketchup.

Nah pada tutorial kali ini, kita akan coba membuat dan mensetting lampu tulisan menyala dengan menggunakan Vray Sketchup.

Cara Membuat Lampu Tulisan Menyala Vray Sketchup

Dalam postingan ini, saya mengguanakan Sketchup 2020 dan Vray 4. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda. Namun disarankan untuk menggunakan minimal versi 3 atau yang lebih baru.

  • Langkah pertama, buka dan jalankan program Sketchup dilaptop atau komputer anda. Setelah itu buatlah tulisan 3D yang nantinya akan kita gunakan sebagai media lampu. (Cara membuat tulisan 3d Sketchup bisa anda lihat disini)
  • Langkah selanjutnya buka Vray Asset Editor, lalu buatlah material lampu dengan cara klik Create Asset -> Materials, lalu pilih Emissive
  • Kemudian silakan setting intensitas dan warna cahaya lampunya. Nah disini saya menggunakan intensitas 10 dan cahaya lampu berwarna pink.
  • Setelah itu terapkan pada objek terakhir render.

Penutup

Setelah dirender maka kita akan tahu hasilnya dan apabila cahaya lampu yang dihasilkan kurang terang, maka kita cukup menaikan intesitasnya saja.

Dan untuk menghasilkan cahaya lampu yang lebih akurat, kita bisa menggunakan texture slot dan menggantinya ke mode Color.

Demikian tutorial cara membuat lampu tulisan menyala di Vray Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.