Skip to main content

Cara Install Plugin Sketchup 2022

Di Sketchup kita dapat menginstall plugin yang kita download dari internet. Plugin yang kita download selanjutnya kita gunakan sesuai kebutuhan.

Saat ini ada cukup banyak plugin untuk Sketchup, seperti Shape bender, 1001bit freeware, Curviloft, Joinpushpull, dan lain sebagainya. Semua plugin diatas tersedia secara gratis dan dapat diinstall pada semua versi Sketchup, kecuali versi 2016 kebawah ya.

Ada juga yang versi berbayar. Versi ini tentu memiliki fitur khusus yang tidak tersedia pada versi gratisnya. Nah untuk yang versi berbayar contohnya ClothWork, Vray, Skatter, dan Fredo.

Plugin Sketchup menggunakan format .rbz, selain format ini maka dipastikan tidak dapat diinstall dan bisa jadi berisi program jahat atau virus.

Nah Kembali ke topik awal, menginstall plugin Sketchup sebenarnya cukup mudah dan simpel. Namun bagi anda yang baru menggunakan Sketchup, silakan ikuti tutorial dibawah ini.

Cara Install Plugin Sketchup 2022

  • Download pluginnya terlebih dahulu, setelah itu jalankan program Sketchup dilaptop atau komputer anda
  • Langkah selanjutnya klik Window, lalu pilih Extension Manager.
  • Kemudian klik menu Install Extension, lalu cari file plugin yang ingin anda install.
  • Pada tahap ini tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.

Penutup

Ketika proses instalasi selesai, plugin biasanya akan muncul secara otomatis, namun jika tidak muncul anda bisa menampilkannya melalui pengaturan toolbar.

Demikian cara menginstall plugin di Sketchup. Ohyah tutorial ini relevan untuk menginstall plugin pada semua versi Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.