Skip to main content

Download Plugin Sketchup 2022

Sketchup sangat cocok bagi pemula yang ingin belajar pemodelan tiga dimensi (3D). Selain ringan, program ini memiliki fitur yang lengkap, meskipun saat membuat bentuk tertentu kita harus menggunakan plugin atau extension.

Plugin atau extension merupakan program yang diinstall kedalam aplikasi. Saat ini ada banyak jenis plugin untuk Sketchup, salah satunya plugin rendering, modeling, optimasi dan lain sebagainya.

Sesuai namanya, plugin rendering digunakan untuk membuat gambar menjadi realistis. Contohnya Vray, Enscape, Lumion, FluidRay, Octane, D5 Render, Coohom, Maxwell, Thea, Twillight dan Indigo render. Mayoritas plugin untuk rendering memang masih berbayar, namun hal itu sebanding dengan fitur dan kualitas gambar yang dihasilkan.

Sebelum menginstall plugin ini, pastikan komputer/laptop anda menggunakan spesifikasi hardware yang tinggi, karena proses rendering membutuhkan performa komputer yang maksimal .

Download Plugin Sketchup 2022 Gratis

Plugin Sketchup dibuat kedalam format rbz (sebelumnya rb). Dengan format baru ini, plugin dapat diinstall dibanyak versi Sketchup, seperti Sketchup 2017, Sketchup 2018, Sketchup 2019, Sketchup 2020, Sketchup 2021, Sketchup 2022 dan Sketchup 2023.

Nah berikut beberapa contoh plugin Sketchup 2022 yang wajib kita miliki antara lain Joint PushPull, Clf shape bender, RoundCorner, MAJ stair, Clipping camera, ClothWorks Crack, 1001bit freeware, dan LibFredo6.

Joint Push Pull

Sesuai namanya, Joint PushPull digunakan untuk melakukan push/pull secara bersamaan. Selain pada permukaan yang datar, plugin ini dapat digunakan pada permukaan yang melengkung.

Namun agar dapat digunakan, install LibFredo terlebih dahulu. LibFredo fungsinya sebagai mesin yang menjalankan plugin ini

Plugin ini gratis dan dapat diinstall untuk Sketchup 2022, 2021, 2019, 2018 dan 2017. Jika anda ingin mencoba Joint PushPull, silakan download pada link berikut. [Download Joint Push Pull]

Clf Shape Bender

Plugin Sketchup Clf Shape Bender digunakan untuk membengkokkan objek agar sesuai dengan garis lengkung atau rangkaian garis yang terhubung. Contohnya untuk membuat tulisan 3d melengkung.

Plugin ini gratis dan dapat anda install untuk Sketchup 2022. Silakan download melalui link berikut. [Download Shape Bender]

Clipping Camera

Clipping camera adalah salah satu plugin yang wajib anda install. Plugin ini digunakan untuk memperbaiki view yang terpotong saat objek di zoom. Error zoom biasanya disebabkan karena adanya komponen atau objek yang dihidden dan letaknya saling berjauhan.

Download clipping camera pada link berikut. Plugin ini gratis dan dapat diinstall untuk Sketchup 2022.

1001Bit Freeware

1001bit adalah plugin yang digunakan untuk membuat komponen arsitektur secara otomatis. Misalnya tangga, jendela, pintu, atap dan lantai. Plugin ini gratis, namun jika anda ingin fitur yang lebih lengkap, anda dapat menggunakan versi yang berbayar. Download 1001bit freeware pada link berikut.

Clothworks Sketchup

Clothworks digunakan untuk membuat dan mensimulasikan efek kain secara realtime. Efek simulasi yang dibuat dengan ClothWorks benar benar lentur dan tidak kaku. Mirip seperti efek kain sesungguhnya.

ClothWorks rbz Sketchup dilengkapi fitur yang dapat membantu pengguna membuat simulasi kain yang realistis, fitur ini meliputi pengaturan Density, Thickness, Stretch, Cloth Scale, Friction dan Bend.

Plugin ini berbayar, harganya $14. Namun jika ingin mencoba, ClothWork menawarkan masa trial selama 15 hari.

Kesimpulan

Plugin Sketchup 2022 sebenarnya banyak sekali, namun gunakanlah sesuai kebutuhan. Sebab terlalu banyak menginstall plugin dapat mempengaruhi kinerja komputer, salah satunya membuat komputer menjadi lemot.

Jika anda memiliki rekomendasi plugin yang lain, silakan tulis melalui form dibawah ini.

Demikian rekomendasi plugin untuk Sketchup 2022. Silakan coba dan pelajari. Semoga postingan ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.