Skip to main content

Cara Setting Material di Vray Sketchup

Setting material di Vray SketchUp merupakan proses yang sangat penting dalam membuat gambar rendering yang bagus dan realistis. Dengan mengatur material yang sesuai, kita dapat memberikan kesan yang lebih detail pada model 3D yang sedang kita buat.

Vray Sketchup menyediakan panel Material yang memudahkan kita dalam memilih dan menerapkan berbagai jenis material pada 3d objek. Selain itu, Sketchup juga memungkinkan kita untuk membuat material baru atau mengimpor material dari file gambar atau foto.

Dalam mengatur material, kita dapat menyesuaikan skala, orientasi, dan opsi material seperti opacity, reflectivity, dan bump map. Dengan mengikuti langkah-langkah pengaturan material yang tepat, kita dapat menghasilkan gambar rendering yang realistis menggunakan Vray SketchUp.

Untuk mensetting material di Vray SketchUp, pertama pastikan kita sudah menginstall plugin Vray SketchUp. Selanjutnya, kita bisa membuka panel Asset Editor pada Vray SketchUp dan memilih opsi Material Editor untuk menambahkan material pada objek 3D.

Dalam tutorial ini, saya menggunakan Vray 4. Silakan sesuaikan saja jika anda mengunakan versi program yang berbeda.

Cara Setting Material di Vray Sketchup

  • Pertama buatlah objek 3d sederhana menggunakan Sketchup. Contohnya disini saya membuat kotak, lalu beri material.
  • Agar material tidak terpotong, caranya klik kanan -> Texture -> Position. Lalu atur dengan menggeser parameter yang ada. Cara ini hanya bisa dilakukan pada permukaan yang rata.
  • Setelah disetting maka hasilnya seperti ini.
  • Langkah selanjutnya kita setting material tersebut agar lebih realistis menggunakan Vray. Dalam tutorial ini saya akan menambahkan efek mengkilap.
  • Untuk mensetting material di Vray caranya sebagai berikut, pertama masuk ke Vray Asset Editor, lalu klik pada material yang kita gunakan.
  • Setelah itu klik menu Reflection, lalu geser panel Reflection Color ke kanan, dan setting Reflection Glossiness menjadi 0,8.
  • Sekarang material texture kita sudah terlihat realistis dengan adanya efek mengkilap pada jendela preview. Langkah terakhir render kemudian save gambar tersebut.

Penutup

Vray SketchUp menyediakan berbagai pilihan material yang sangat lengkap dan detail, sehingga kita dapat menyesuaikan material sesuai dengan kebutuhan. Kita dapat memilih berbagai jenis material seperti plastik, kaca, kayu, dan lain sebagainya. Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan tekstur dan opsi material.