Skip to main content

Cara Menggunakan Normal Map Vray Sketchup

Setelah sebelumnya kita membuat normal map, kali ini kita akan menggunakan normal map di Vray Sketchup. Normal map sangat penting dalam 3D rendering, karena akan menghasilkan permukaan objek yang terlihat lebih detail dan realistis.

Saat ini hampir semua program rendering memiliki normal map, khususnya program rendering yang berbasis Physically Based Rendering seperti FluidRay, Lumion, D5 Render, Corona dan Vray.

Material ini tidak bisa anda download dari Google image, karena hasilnya akan jelek. Untuk mendownload normal map kita bisa kunjungi situs yang menyediakan material khusus program 3D. Material normal map biasanya sudah tersedia didalam satu folder. Namun jika anda ingin membuatnya sendiri, anda bisa menggunakan photoshop, plugin atau normal map generator.

Selain normal map, didalam Vray terdapat parameter yang memiliki fungsi dan karakteristik yang sama. Namanya Bump map. Material ini juga bisa kita buat sendiri dengan Photoshop. Tutorialnya bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya.

Cara Menggunakan Normal Map Vray Sketchup

Dalam tutorial cara menggunakan normal map, saya menggunakan Sketchup 2020 dan Vray 4. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

  • Langkah pertama siapkan material normal map untuk Vray Sketchup. Jika belum ada silakan download atau buat terlebih dahulu. Contohnya disini saya ingin menambahkan normal map pada tembok bata.
  • Langkah kedua jalankan Sketchup Vray dilaptop atau komputer anda, kemudian klik Vray Asset Editor, setelah itu pilih material yang anda gunakan, lalu pilih menu Bump.
  • Selanjutnya ganti mode map dari Bump Map menjadi Normal Map. Normal Map Type: Tangent Space dan pada Amount, atur nilainya sesuai kebutuhan.
  • Selanjutnya masukan material normal map dengan cara klik Texture Slot -> Bitmap, lalu ganti Color Space dari Screen Space (sRGB) ke Rendering Space (Linier).
  • Terakhir render dan hasilnya seperti ini. Jika efeknya kurang detail, silakan tambah nilainya.

Penutup

Pada dasarnya cara setting normal map vray sama seperti pada bump, kita hanya perlu mengubah mode dan filenya saja. Demikian tutorial cara menggunakan normal map di vray sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.