Skip to main content

Cara Mengatasi Masalah Zoom di Sketchup

Secara spesifik, masalah error zoom Sketchup yang umum terjadi pada pengguna adalah ketika objek yang di zoom atau diperdekat akan terlihat pecah dan terpotong. Hal ini akan menyebabkan objek sulit dimodifikasi dan membuat kita mengira bahwa objek tersebut telah rusak dan tidak bisa digunakan.

Masalah zoom Sketchup dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti penempatan komponen yang saling berjauhan, geometri component yang tersembunyi sampai ukuran skala objek yang terlalu kecil.

Melihat lagi penyebab masalah Zoom diatas, kita nampaknya harus teliti saat ingin menggunakan komponen atau objek yang didownload dari luar. Pastikan objek yang kita pakai tidak memiliki geometri yang tersembunyi, serta terletak pada bidang posisi yang sama.

Lalu apakah masalah zoom Sketchup ini dapat diperbaiki? Jawabannya bisa.

Nah berikut solusi cara mengatasi file Sketchup yang terkena error zoom atau view yang pecah. Namun agar masalah ini dapat diatasi dengan cepat, kita perlu menginstall plugin Sketchup. Plugin ini dapat anda download melalui tautan disamping. Setelah didownload, silakan install plugin tersebut seperti biasa. Plugin dapat di install pada Sketchup 2016 keatas.

Cara Mengatasi Masalah Zoom Sketchup

  • Langkah pertama, silakan buka file Sketchup yang terkena masalah zoom. Contohnya seperti ini.
  • Selanjutnya buka plugin yang sebelumnya anda install. Nama pluginya Clipping Camera
  • Setelah itu ceklis menu Force, lalu pada bagian Near, ganti nilainya menjadi 1 lalu tekan Enter.
  • Setelah tekan enter maka secara otomatis permukaan objek akan normal kembali.

Penutup

Jika masalah belum juga teratasi, silakan cek kembali komponen yang anda gunakan. Biasanya secara tidak sadar ada komponen terkecil yang letaknya jauh dari scene projek anda. Jangan lupa menggunakan fitur unhide Sketchup untuk menampilkan geometri yang mungkin tersembunyi.

Demikian panduan cara mengatasi masalah zoom error di Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.