Skip to main content

Cara Unhide Objek di Sketchup

Saat modeling, terkadang kita perlu menyembunyikan beberapa bagian objek yang menghalangi lembar kerja. Misalnya menyembunyikan dinding saat membuat sofa pada ruangan yang sempit.

Menyembunyikan objek (hide) memang sangat mudah. Cukup dengan klik kanan pada bagian objek yang ingin di hidden dan objek akan langsung tersembunyi secara otomatis. Namun perlu dicatat bahwa terlalu banyak objek yang di hidden dapat membuat kinerja komputer menjadi lemot.

Jika sudah terjadi, lalu solusinya apa?. Unhide Objek Sketchup.

Sesuai namanya, Unhide Sketchup akan secara otomatis menampilkan objek yang hilang akibat disembunyikan. Selain menampilkan objek, fitur ini juga dapat digunakan untuk menampilkan geometri objek secara keseluruhan.

Cara Unhide di Sketchup

Contoh kali ini kita akan menampilkan kotak yang disembunyikan.

Dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup pro 2020, silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

  • Langkah pertama buka aplikasi Sketchup dikomputer/laptop anda
  • Setelah itu klik menu View, lalu centang menu Show Hidden Geometry dan Show Hidden Object. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini
  • Selanjutnya klik kiri pada kotak hingga garis tepi berwarna biru, kemudian klik kanan lalu pilih menu Unhide
  • Maka secara otomatis objek akan muncul seperti semula.
  • Tutorial selesai.

Kesimpulan

Tips sederhana sebelum menghidden objek, setting objek menjadi group terlebih dahulu. Hal ini agar pada saat unhide, objek tidak menyatu dengan permukaan objek lain.

Selain itu, fitur gorup memudahkan kita untuk memindah, merotasi dan menggeser suatu objek.

Nah demikian cara unhide objek di Sketchup. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya