Skip to main content

Cara Menampilkan Ukuran di Sketchup

Hallo semua, setelah beberapa hari lalu kita belajar cara autosave Sketchup. Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara menampilkan ukuran di Sketchup.

Menampilkan ukuran merupakan tips paling dasar sebelum masuk ke proses modeling, hal ini dilakukan agar gambar Sketchup yang dihasilkan terlihat bagus dan realistis.

Didalam program Sketchup, terdapat 2 cara yang bisa kita gunakan untuk menampilkan ukuran. Ukuran yang saya maksud disini adalah ukuran dimensi dari suatu objek, seperti panjang, lebar, dan tinggi.

Baca Juga: Jasa Kitchen Set di Slawi

Untuk mengukur di Sketchup caranya mudah sekali, kita cukup menghubungkan antar sudut objek dan otomatis ukuran akan muncul secara akurat. Tutorialnya bisa anda lihat dibawah ini.

Dalam tutorial Sketchup kali ini, saya menggunakan Sketchup pro 2020, silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

Cara Menampilkan Ukuran di Sketchup

  • Langkah pertama buka aplikasi Sketchup dilaptop atau komputer anda. Setelah itu pilih objek yang ingin anda ukur. Contohnya gambar lemari
  • Selanjutnya klik tool Dimension atau tekan D pada keyboard, lalu klik antar sudut ke sudut, setelah itu akan terlihat garis yang menunjukkan ukuran dari objek tersebut, berserta nilainya .
  • Jika anda ingin mengganti nilainya, caranya dengan klik kanan lalu pilih edit text.
  • Selesai. Kita sudah bisa menampilan ukuran objek di Sketchup.

Dengan menggunakan cara diatas kita sudah berhasil menampilkan ukuran sebuah objek secara akurat. Jika anda ingin melihat ukuran secara realtime, anda bisa melihatnya pada bagian pojok kiri bawah lembar kerja.

Kesimpulan

Dimension tool adalah fitur/tool Sketchup yang sudah tersedia didalam paket instalasi. Jika anda tidak menemukan tool ini, silakan setting toolbarnya terlebih dahulu. Bagaimana cara mensetting toolbar? Silakan lihat pada postingan saya sebelumnya.

Demikian tutorial cara menampilkan ukuran di Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya