Skip to main content

Cara Autosave Sketchup

Autosave Sketchup adalah fitur yang berfungsi untuk menyimpan file secara otomatis. Dengan fitur ini, kita tidak perlu khawatir apabila program yang kita gunakan mengalami masalah, misalnya bugsplat atau program error (nge-hang).

Fitur Autosave mencegah pengguna dari resiko file yang hilang atau tidak tersimpan. Fitur ini juga dapat membuat file cadangan baru yang bisa dibuka secara normal.

Tapi perlu dicatat, mengaktifkan autosave Sketchup bisa saja membuat kinerja komputer menjadi berat, terlebih jika kedua proses bertemu secara bersamaan.

Namun jangan khawatir, selama anda menggunakan laptop atau computer yang bagus (sesuai spesifikasi program), maka semua kendala diatas kemungkinan tidak terjadi.

Nah untuk mengatur atau mengaktifkan Autosave Sketchup, caranya seperti dibawah ini. Ohyah, dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup 2022, silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

Cara Autosave Sketchup Terbaru

  • Langkah pertama, silakan buka program Sketchup 2022 dilaptop atau computer anda. Kemudian buka menu Window, lalu arahkan kursor ke Preferences
  • Setelah itu pilih menu General, lalu ceklis kotak Autosave dan ceklis kotak Create BackUp
  • Jika sudah, langkah selanjutnya setting waktu berapa menit sekali system akan menyimpan file secara otomatis. Disini saya merekomendasikan 7 sampe 10 menit.
  • Yaps selesai, silakan klik ok dan autosave Sketchup akan aktif dikomputer anda.

Kesimpulan

Autosave merupakan fitur yang wajib ada pada setiap program, baik program 3D maupun program pengolah data. Hal ini bertujuan agar file tidak hilang saat program mengalami masalah.

Demikian tutorial singkat cara autosave Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya

Oldest Post