Skip to main content

Cara Membuat Efek Cermin di Vray Sketchup

Hallo semua, pada kesempatan kali ini kita akan belajar cara membuat material efek cermin pada Vray Sketchup. Seperti pada pembahasan sebelumnya, untuk mendapatkan hasil rendering yang bagus, kita mesti tau sifat dan karakter dari material yang dipakai.

Kali ini mengenai cermin, dimana material ini memiliki sifat benda yang unik yakni memantulkan bayangan secara jelas dan akurat. Secara teori untuk menghasilkan efek tersebut, kita dapat menggunakan Reflection layer yang disetting dengan tingkat daya pantul yang tinggi.

Di Vray Sketchup, material efek cermin dapat dibuat dengan mudah. Kita bisa menggunakan material warna (color) yang tersedia didalam program. Settingannya pun tidak jauh berbeda dengan settingan material keramik.

Berikut tutorial cara membuat efek cermin di Vray Sketchup. Dalam panduan ini saya menggunakan Vray 4 dan Sketchup 2020. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda. Namun disarankan minimal menggunakan versi 3 atau yang lebih baru.

Cara Membuat Efek Cermin Nyata Vray Sketchup

  • Langkah pertama jalankan program Sketchup-nya terlebih dahulu, setelah itu buka file cermin anda.
  • Langkah selanjutnya masuk ke Vray Asset Editor -> Create Asset -> Materials, lalu pilih Generic.
  • Kemudian pada menu Diffuse, geser panelnya kekiri sehingga berubah menjadi hitam.
  • Setelah itu buka menu Reflection dan geser panelnya kekanan sehingga berubah menjadi putih, lalu centang menu Reflection IOR dan ubah nilainya menjadi 25.
  • Terakhir aplikasikan ke permukaan objek. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini. Efek material cermin pantul yang sempurna.

Penutup

Demikian cara membuat material cermin di Vray Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya. Jangan lupa share ya