Skip to main content

Cara Setting Karpet Vray FUR Sketchup

Hallo semua, pada tutorial Vray Sketchup kali ini kita akan belajar cara mensetting karpet. Seperti yang kita lihat, karpet memiliki tekstur yang halus dan lembut, hal ini membuat material karpet menjadi salah satu material yang cukup sulit untuk di setting

Di program Sketchup itu sendiri, belum memiliki plugin atau fitur khusus yang dapat membuat efek tersebut. Saat ini hanya ada ClothWork, yaitu plugin Sketchup yang mensimulasikan efek kain dari objek yang solid.

Namun jika anda menggunakan Vray, didalam program tersebut terdapat fitur yang disebut dengan Fur. Fur sendiri adalah fitur geometry yang akan menghasilkan efek bulu Ketika material dirender. Dengan menggunakan fitur ini kita bisa membuat efek karpet, rumput dan sesuatu yang berhubungan dengan kain.

Fyi, Vray fur hanya tersedia pada versi 3 ke atas. Silakan update terlebih dahulu, jika anda masih menggunakan versi vray yang lama.

Cara Setting Karpet Vray Fur Sketchup

  • Langkah pertama buka file Sketchup anda, setelah itu buatlah objek karpet dengan menggunakan SketchUp. Pastikan objek tersebut sudah di-group agar nantinya lebih mudah diatur. Contohnya seperti ini.
  • Selanjutnya klik objek karpet hingga pada sisi objek muncul garis biru , setelah itu klik Add Fur to Selection. Maka garis biru akan berubah seperti ini, yang artinya geomerty FUR sudah terpasang pada objek.
  • Kemudian masuk ke Vray Asset Editor, setelah itu klik tab Geometry, lalu pada menu FUR silakan setting seperti ini.
  • Distribution: Per Area, Count Area: 200 (tergantung luas objek yang anda buat, semakin luas karpet semakin besar nilai yang dipakai), Lenght: 0,5 (parameter ini akan membuat seberapa panjang bulu yang timbul), Thickness: 0,05 (seberapa besar ketebalan bulu).

  • Terakhir klik render untuk melihat hasilnya. Anda dapat mengubah setting material dan tekstur sesuai dengan selera Anda

Penutup

Terkadang hasil akan berbeda pada setiap teksture yang digunakan, tidak ada nilai yang pasti yang menjamin bahwa hasil rendering karpet akan sempurna, maka dari itu kita perlu melakukan riset mandiri mengenai settingan vray dari setiap material yang kita pakai.

Penjelasan diatas adalah umum dan bisa berbeda tergantung versi Vray Sketchup yang digunakan.

Demikian panduan cara mensetting karpet dengan Vray fur Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.