Skip to main content

Cara Memisahkan Komponen di Sketchup

Cara Memisahkan Komponen (Ungroup Component) - Sketchup memiliki fitur import yang memungkinkan anda menggunakan objek atau komponen dari luar. Agar komponen dapat dibuka, versi komponen harus sama atau lebih rendah dari versi program yang anda gunakan. Saat ini ada banyak situs yang menyediakan komponen, yang paling popular dan gratis adalah 3dwarehouse.

Sebelum anda menggunakan komponen, ada beberapa hal yang mesti anda ketahui misalnya dalam komponen terkadang terdapat objek atau geometry yang tersembunyi, hal ini dapat menyebabkan Sketchup menjadi lemot dan berat.

Anda juga harus tahu bahwa setiap komponen yang anda import secara otomatis akan berbentuk group, anda tidak bisa melakukan modifikasi apapun selama komponen masih berbentuk group, kecuali hanya mengecilkan komponen tersebut.

Memisahkan komponen Sketchup sebenarnya cukup mudah, namun bagi pemula hal ini jadi membingungkan, karena fitur memisahkan komponen tidak ditulis dengan perintah yang jelas seperti un-group atau ungroup.

Nah jika anda masih bingung cara memisahkan komponen di Sketchup, silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Memisahkan Komponen (Ungroup Component) di Sketchup

  • Langkah pertama, buka program Sketchup dilaptop atau komputer anda, setelah itu import komponen yang ingin anda gunakan
  • Langkah selanjutnya klik kanan pada komponen, kemudian pilih Explode
  • Selesai. Lakukan langkah yang sama apabila komponen belum terpisah secara menyeluruh. Biasanya pembuat komponen berulang kali melakukan group pada komponen tersebut.

Penutup

Jika objek sudah terpisah satu sama lain, maka kita bisa melakukan modifikasi pada komponen tersebut misalnya menghapus, mengedit bentuk, merubah warna dan lain sebagainya.

Namun jangan sampai pada saat memisahkan komponen malah merubah komponen tersebut menjadi objek biasa yang menyatu dengan permukaan objek lain.

Demikian panduan cara memisahkan komponen (ungroup Component)di Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.