Skip to main content

Cara Membuat Lingkaran Sempurna di Sketchup

Saat membuat lingkaran, pernahkah anda melihat lebih dekat objek tersebut?. Ya, Jika dilihat lebih dekat, lingkaran Sketchup tidaklah melingkar secara sempurna, melainkan terdapat patahan yang kaku pada setiap sisinya.

Lingkaran yang tidak sempurna akan terlihat jelas saat objek dirender, hal ini akan membuat gambar anda tidak menarik dan terkesan kurang realistis.

Lalu apa solusinya?

Membuat lingkaran sempurna Sketchup sebenarnya cukup mudah, kita tidak perlu menginstall plugin atau ekstensi lain. Kita hanya perlu melakukan sedikit pengaturan pada segmen lingkaran tersebut. Bagaimana caranya? Silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Membuat Lingkaran Sempurna di Sketchup

  • Pertama buat objek lingkaran dengan menggunakan tool Circle, atau anda bisa menekan tombol C pada keyboard. Contohnya seperti ini.
  • Selanjutnya klik garis sisi lingkaran sehingga berwarna biru, setelah itu klik kanan lalu pilih Entity Info.
  • Kemudian pada menu Segments, ganti nilainya menjadi 100, lalu tekan enter.
  • Selesai. Maksimal nilai untuk memperhalus lingkaran adalah 100. Itu adalah angka persentase untuk menentukan seberapa sempurna lingkaran.

Penutup

Selain untuk memperhalus lingkaran sempurna, tips ini juga bisa anda gunakan untuk memperhalus garis setengah lingkaran. Nah demikian tutorial cara membuat lingkaran sempurna, semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.