Skip to main content

Cara Mengubah Satuan Ukuran di Sketchup

Sebelum menggambar di Sketchup, Langkah apa yang harus lakukan? Ya, betul sekali, yaitu mengubah satuan ukuran. Mengapa demikian? Karena secara default satuan ukur yang digunakan Sketchup adalah architectural yang mana satuan ini tidak relevan dan sulit diterapkan pada lingkungan kerja kita.

Didalam program Sketchup sendiri terdapat 4 jenis format unit dalam pengukuran, yaitu decimal, engineering, fractional dan architectural. Ke empat format unit ini digunakan pada jenis desain yang berbeda.

Misalnya untuk desain furnitur, saya biasanya menggunakan format decimal untuk pemilihan satuan dalam unit centimeter (cm) atau milimeter (mm). Tujuannya untuk menghasilkan gambar 3D yang presisi.

Perlu di ingat bahwa satuan ukur Sketchup disetting setiap kali ingin menggambar, hal ini karena Sketchup belum memiliki fitur sekali atur.

Lalu bagaimana cara mengubah satuan ukuran di Sketchup?. Silakan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Mengubah Satuan Ukuran di Sketchup

  • Pertama buka program Sketchup dilaptop atau komputer anda, setelah itu klik menu Window lalu pilih Model Info.
  • Langkah selanjutnya klik menu Units, lalu pada menu Measurement Units ganti formatnya menjadi Decimal
  • Kemudian ganti satuan ukurnya sesuai prefensi anda. Contohnya disini saya menggunakan centimeter (cm) dan Display Precision : 0,00
  • Terakhir unchek semua menu dibawahnya, kecuali menu Display unit format. Lihat gambar dibawah ini.
  • Enable length snapping adalah jarak pergerakan kursor setiap satu tarikan garis.Klo gak salah istilah kerennya biasa di sebut "Grids".

    Display units format adalah pilihan untuk menampilkan atau tidak menampilkan ekstensi dimensinya. Contoh jika di centang tampilanya "10cm" dan jika tidak tampilanya "10"

    Angle units adalah satuan derajat perputaran objek.

    Angle snapping fungsinya sama dengan length snapping,hanya ini diaplikasikan pada rotasi atau perputaran objek.

  • Tutorial selesai

Kesimpulan

Dalam tutorial ini saya menggunakan Sketchup pro 2022. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

Demikian tutorial cara mengubah satuan ukuran di Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya.