Skip to main content

Cara Setting Vray Mesh Light Sketchup

Mesh light mungkin jadi salah satu Vray tool yang jarang digunakan, hal ini karena dalam pengaturannya, mesh light masih menggunakan cara yang berbeda. Yaitu dengan merubah permukaan objek menjadi satu grup.

Meski demikian, mesh light adalah lampu tool yang fleksibel. Lampu ini bisa digunakan pada area dengan bentuk apapun, misalnya pada cermin bulat.

Mesh light memang cocok digunakan sebagai lampu hias yang cahayanya keluar dari sisi atau belakang objek, hal ini karena lampu ini memiliki cahaya yang menyebar secara merata.

Mesh light akan langsung menyala saat objek dirender, hal ini berbeda dengan IES yang membutuhkan file khusus.

Lalu bagaimana cara mensetting Vray mesh light di Sketchup?

Berikut ini adalah tutorial cara mensetting vray mesh light di Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Vray 4. Silakan sesuaikan saja jika kamu masih menggunakan versi program yang berbeda.

Cara Setting Vray Mesh Light Sketchup

  • Seperti yang saya jelaskan diatas, untuk menggunakan mesh light, pertama group permukaan terlebih dahulu. Contohnya seperti ini.
  • Langkah selanjutnya klik Convert to Mesh Light, maka akan muncul ikon lampu seperti ini. Ini artinya mesh light sudah menyatu dengan permukaan objek yang sebelumnya kamu group.
  • Kemudian kamu setting dengan cara klik Vray Asset Editor -> Lights -> Mesh Light. Lalu setting pada 2 bagian saja yaitu intesitas dan warna lampu.
  • Setelah semua settingan selesai, langkah terakhir render dan ini hasilnya.

Penutup

Vray mesh light not working, itu adalah salah satu masalah yang terkadang terjadi saat menggunakan tool ini. Masalah tersebut bisa disebabkan oleh permukaan objek yang tidak di group, intesitas lemah, pengguna menyembunyikan lampu secara tidak sengaja dan area lampu yang tertutup objek lain.

Demikian tutorial cara setting vray mesh light di Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jangan lupa berbagi!