Skip to main content

Cara Setting IES Light Vray SketchUp

Untuk mendapatkan gambar rendering yang bagus, diperlukan pengaturan tata cahaya lampu (lighting) yang tepat. Hal ini karena cahaya mempengaruhi semua komponen yang ada didalam suatu settingan. Misalnya kalau ruangan terlalu gelap, maka efek pada material seperti efek cermin tidak akan terlihat.

Didalam Vray Sketchup itu sendiri, tersedia cukup banyak lighting tool yang dapat anda pakai sesuai kebutuhan. Dan salah satunya adalah IES light.

IES light merupakan lighting tool yang menggunakan data dari IES (Illuminating Engineering Society) untuk menentukan distribusi cahaya pada suatu objek. IES light memberikan hasil visualiasi cahaya yang realistik dan detail, hal ini karena style lampu yang dihasilkan sesuai dengan apa yang ada dilapangan.

Namun IES light tidak bisa digunakan begitu saja, agar cahaya bisa muncul IES light memerlukan file khusus yang disebut file ies. File ini berisi style lampu yang nantinya di visualisasikan oleh mesin render seperti Vray. Setiap file memiliki gaya sorot lampu yang berbeda. Contohnya seperti ini.

Untuk memasang IES light di Vray Sketchup, silakan download file-nya terlebih dahulu. File ies bisa anda download di link berikut: Download ies light vray

Dalam tutorial mengatur IES light Vray SketchUp kali ini, saya menggunakan Vray 4, silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda, namun disarankan menggunakan Vray 3 ke atas.

Cara Setting IES Light Vray SketchUp

  • Langkah pertama buka program Sketchup dilaptop atau komputer anda, setelah itu klik tool IES light lalu masukan file ies yang sebelumnya sudah anda download.
  • Kemudian letakan dimana saja anda suka, namun ies light biasanya digunakan untuk membuat lampu sorot plafon. Contohnya seperti ini.
  • Langkah selanjutnya setting IES light Vray Sketchup dengan cara klik Vray Asset Editor, setelah itu klik Light lalu pilih IES light. Silakan tambah intesitasnya menjadi 5000 sd 100000. Untuk merubah warna lampu, silakan klik parameter Color.
  • Selesai. Terakhir render dan lihat hasilnya.

Penutup

IES light memiliki berbagai macam gaya lampu, anda bisa memilih dan mendownloadnya secara gratis. Namun apabila ies light tidak menyala maka kemungkinan file ies tidak kompatibel dengan versi Vray yang anda gunakan. Selain untuk Vray, file ies dari ieslibarary juga bisa digunakan pada Enscape, Blender, D5 Render, Corona, Fluidray dan Lumion.