Skip to main content

Cara Menggunakan Vismat Vray 3.4 Sketchup

Vismat atau Vray setting material adalah file yang berisi settingan material yang dapat digunakan secara instan. File ini terbuat dari material yang sebelumnya disetting lalu kemudian disimpan kedalam format khusus.

Dengan menggunakan vismat, proses mensetting material menjadi lebih cepat karena semua sudah tersetting secara otomatis. File ini gratis dan dapat digunakan untuk semua versi Vray terutama versi 3.4 keatas.

Selain didownload, vismat juga bisa kita buat sendiri melalui pengaturan Vray. Vismat dapat dibuat dari semua jenis material dan disimpan kedalam ektensi .vrmat

Berikut tutorial lengkap cara menggunakan Vismat Vrmat di Vray Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Vray 3.4. Tutorial ini juga bisa kita terapkan pada Vray 4, 5 dan Vray 6.

Cara Menggunakan Vismat Vray 3.4 Sketchup

  • Pertama jalankan Sketchup Vray dilaptop kamu, kemudian buka Vray Asset Editor.
  • Selanjutnya klik Import Asser File, lalu pilih file vismat yang kamu butuhkan, setelah itu klik open.
  • Jika sudah terbuka, kamu bisa lakukan sedikit settingan agar efek material sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Langkah terakhir terapkan pada objek dengan cara klik kanan -> pilih Apply to Selection.

Penutup

Mudah dan praktis. Itulah beberapa alasan mengapa banyak orang sering menggunakan vismat/vrmat didalam pengaturan vray mereka. Namun vismat juga memiliki kekurangan yaitu texture tidak sesuai dengan material asli yang kita aplikasikan dalam 3d sketchup kita.

Demikian cara menggunakan vismat vray 3.4 Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya. Jangan lupa berbagi.