Skip to main content

Cara Menggunakan HDRI Sketchup

HDRI merupakan istilah yang digunakan untuk menampilkan background pada gambar render. HDRI berbentuk file, yang setiap filenya berisi background panorama seperti langit, gunung, hutan dan padang rumput.

Selain pemandangan alam, hdri juga dapat berisi landscape gedung atau kota. Jenis file ini biasanya digunakan pada interior ruangan yang lebih mengutamakan lighting atau pencahayaan.

Untuk menggunakan HDRI Sketchup, kita membutuhkan aplikasi render yang kita install kedalam program, dan salah satu program render yang saya gunakan adalah Vray.

Didalam Vray Sketchup terdapat beberapa cara yang dapat kita gunakan untuk membuat HDRI, namun dari beberapa cara tersebut, lebih mudah membuat background langit melalui domelight tool.

Namun sebelum menggunakan HDRI Vray Sketchup, pastikan anda sudah mempunyai file-nya terlebih dahulu. File hdri dapat anda download di Polyhaven. dan tersedia secara gratis.

Berikut tutorial cara menggunakan hdri untuk membuat background langit di Vray Sketchup.

Cara Menggunakan HDRI Sketchup

  • Pertama buka program Sketchup Vray dilaptop atau komputer anda, setelah itu klik Domelight tool pada menu bar lalu letakan dimana saja anda suka. Contohnya seperti ini.
  • Langkah selanjutnya masuk ke Vray Asset Editor, setelah itu klik Lights kemudian pilih Dome Light lalu setting pada bagian yang saya tandai.
  • Kemudian masukan file hdri yang sebelumnya anda download dengan cara klik Texture Slot, setelah itu klik File lalu pilih file hdri yang ingin anda gunakan.
  • Terakhir render dan hasilnya seperti ini. Jika kurang terang silakan tambah intesitasnya. Gunakan juga fitur rotasi untuk menggeser domelight agar background yang dihasilkan sesuai keinginan.

Kesimpulan

Berdasarkan formatnya, file hdri terbagi menjadi 2 ekstensi yaitu EXR dan HDR. EXR menghasilkan gambar panorama dengan tingkat akurasi warna yang tinggi, sehingga jika zoom gambar ini tidak pecah. Silakan gunakan sesuai kebutuhan.

Nah demikian tutorial cara menggunakan hdri untuk membuat background langit di vray sketchup. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya.