Skip to main content

Cara Setting Spotlight di Enscape 3.2 for Sketchup

Lampu Spotlight Enscape memiliki fleksibilitas yang tinggi, karena kita bisa menyesuaikan ukuran, bentuk, intensitas, dan arah cahaya yang diinginkan. Dengan cara ini, kita dapat membuat efek pencahayaan yang lebih realistis dan akurat sesuai dengan kondisi dan waktu tertentu.

Dengan Lampu Spotlight, kita dapat menonjolkan bagian-bagian penting dari desain dengan mudah dan efektif. Fitur ini sangat berguna dalam presentasi karena memungkinkan klien untuk melihat dan memahami tampilan keseluruhan dari gambar desain.

Agar lampu menyala, spotlight Enscape membutuhkan file yang sebut IES. Setiap file memiliki gaya sorot lampu yang berbeda, hal ini sama seperti yang digunakan pada Vray.

Nah berikut tutorial cara mensetting Spotlight di Enscape for Sketchup. Dalam tutorial ini saya menggunakan Enscape 3.2. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

Sebelum menggunakan Spotlight, silakan download file ies nya terlebih dahulu. File ies Spotlight dapat anda download pada link ini.

Tutorial Cara Setting Spotlight di Enscape 3.2 for Sketchup

  • Langkah pertama jalanka program Sketchup Enscape dilaptop atau komputer anda, setelah itu klik Enscape Object (logo +), kemudian pilih Spotlight, lalu letakan dimana saja anda suka. Contohnya seperti ini.
  • Langkah selanjutnya setting spotlight dengan cara klik gambar lampunya, setelah klik ceklis Load IES Profile. Dan jangan lupa naikan intesitas dengan cara menggeser panelnya ke kanan.
  • Untuk melihat hasilnya, silakan klik Start Enscape.
  • Setelah itu render dan ini hasilnya.

Penutup

Spotlight membantu pengguna untuk meningkatkan efisiensi waktu dalam proses rendering. Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi merender seluruh tampilan 3D mereka, melainkan hanya bagian-bagian tertentu saja yang diperlukan.

Demikian tutorial cara mensetting spotlight di Enscape 3.2 for Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.