Skip to main content

Cara Membersihkan Material Sketchup

Material yang tidak digunakan pada objek, masih tetap akan tersimpan selama kita tidak membersihkan atau menghapusnya. Jika dibiarkan, material ini akan terus menumpuk dan menyebabkan Sketchup menjadi lemot dan berat.

Material Sketchup yang menumpuk sering kali disebut material sampah. Material ini berasal dari komponen objek luar yang kita import ke dalam gambar kita.

Selain menyebabkan Sketchup lemot, material sampah yang terlalu banyak akan menampilkan pesan error saat kita render menggunakan Vray atau Enscape. Hal ini karena sistem render tidak menemukan path dimana material itu disimpan.

Agar masalah ini tidak terjadi, kita wajib membersihkan atau menghapus material lama tiap kali kita menggunakan material baru. Caranya dengan menggunakan Purge Unused. Fitur purge ini akan membersihkan dan menghapus material Sketchup yang tidak terpakai secara otomatis.

Cara Membersihkan Material Sketchup (Purge Unused)

Berikut cara membersihkan material Sketchup yang tidak terpakai secara otomatis.

  • Langkah pertama buka Sketchup di laptop atau komputer anda. Dalam contoh ini saya menggunakan Sketchup 2022.
  • Selanjutnya klik Window, lalu arahkan ke Model Info.
  • Kemudian klik Statistics terakhir klik Purge Unused. Maka secara otomatis sistem Sketchup akan membersihkan material yang tidak terpakai pada objek.

Selain melalui Sketchup, fitur Purge juga bisa kita lakukan langsung di Vray. Fitur Purge Vray akan menghapus semua settingan dan komponen Vray yang tidak terpakai seperti Geometri dan Lighting. Caranya klik Purge Unused Assets.

Penutup

Dalam beberapa kasus, terkadang material tidak terhapus setelah di Purge. Jika seperti itu, maka solusinya restart, namun sebelum restart jangan lupa simpan filenya terlebih dahulu.

Demikian tutorial cara membersihkan material Sketchup secara otomatis (Purge Unused). Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.