Skip to main content

Cara Menumpulkan Sudut di Sketchup

Bagaimana cara menumpulkan sudut di Sketchup? Ya, itu adalah salah satu pertanyaan yang masuk ke email saya, dan pertanyaan ini yang akan kita bahas bersama disini.

Sketchup adalah program yang digunakan untuk membuat gambar tiga dimensi (3D). Program ini dilengkapi dengan tool yang akan mempermudah kita membuat objek model yang bagus. Salah satu toolnya adalah 2 point arc.

2 point arc adalah tool Sketchup yang digunakan untuk menumpulkan sudut objek. Meski secara fungsi tidak banyak, namun tool ini cukup untuk memodifikasi objek.

Jika anda ingin hasil yang lebih menarik, anda bisa menggunakan Round corner. Ini adalah plugin Sketchup yang tersedia secara gratis dan dapat anda install pada Sketchup 2020. Tutorial install plugin Sketchup bisa anda lihat pada postingan saya sebelumnya.

Lalu bagaimana cara menumpulkan sudut di Sketchup?. Nah silahkan ikuti tutorialnya dibawah ini.

Cara Menumpulkan Sudut di Sketchup

  • Untuk menumpulkan sudut di Sketchup langkahnya sebagai berikut. Pertama jalan program Sketchup terlebih dahulu.
  • Kemudian tekan A pada keyboard. A adalah shortcut yang digunakan untuk menampilkan 2 point arc tool.
  • Setelah itu buat objek setengah melengkung seperti gambar ini. Hubungkan titik A ke titik B.
  • Selanjutnya gunakan PushPull untuk memotong objek tersebut, sehingga menjadi seperti ini.
  • Terakhir lakukan langkah yang sama pada setiap sudut objek, maka hasilnya menjadi seperti ini.

Disclaimer: langkah diatas hanya bisa dilakukan pada permukaan objek yang rata. Artinya 2 point arc tidak berfungsi pada permukaan objek yang melengkung atau tidak rata.

2 point arc hanya bisa digunakan untuk menumpulkan sudut saja, jika anda ingin hasil yang lebih keren, anda bisa menggunakan Round Corner. Tutorial round corner akan saya bahas pada postingan saya selanjutnya.

Demikian cara menumpulkan sudut di Sketchup dengan menggunakan 2-point arc dan round corner. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.