Skip to main content

Cara Setting Kaca Transparan di Vray Sketchup

Banyak yang bilang kaca adalah salah satu material yang sulit di setting. Pendapat ini tidak salah, karena sering kali efek ini tidak terlihat saat gambar dirender. Dalam rendering terdapat beberapa hal yang perlu diperhatian untuk mendapatkan efek kaca yang realistis, salah satunya pencahayaan (lighting) dan sudut pengambilan gambar (angel of view).

Secara teknis, settingan kaca Vray 3.4 dibuat dengan mengatur reflection dan refraction. Kedua pengaturan ini akan menghasilkan kaca bening transparan yang mengkilap ketika terkena sorot lampu. Selain untuk kaca, parameter ini bisa digunakan untuk membuat efek cermin.

Dalam artikel ini, Sketchuppoint akan membahas bagaimana cara setting kaca transparan di Vray Sketchup. Kaca transparan seringkali digunakan dalam desain bangunan modern, terutama di fasad bangunan yang tinggi. Dengan pengaturan yang tepat, kaca transparan dapat memberikan tampilan yang indah dan elegan.

Cara Setting Kaca Transparan di Vray Sketchup

Tutorial ini bisa digunakan pada Vray 3.4, Vray 4, Vray 5 dan Vray 6. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

  • Langkah pertama jalankan program Sketchup Vray dilaptop atau komputer anda, selanjutnya buka Vray Asset Editor -> Create Asset, lalu pilih Materials -> Generic. Langkah ini digunakan untuk membuat material dasar.
  • Kemudian klik material Generic, lalu setting seperti ini.
  • Setelah itu gunakan pada objek dengan cara klik kanan -> Apply to Selection. Agar mudah dicari, kita bisa rename dari Generic menjadi 'Material Kaca'.
  • Terakhir render dan begini hasilnya.

Penutup

Gimana mudah kan?. Selain untuk kaca bening, settingan ini bisa kita gunakan untuk membuat kaca buram (sandblast). Kita hanya perlu merubah sedikit nilai pada parameter yang ada. Gunakan juga Fog Color untuk merubah warna kaca.

Demikian cara mensetting kaca transparan di Vray Sketchup. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipostingan saya selanjutnya. Jangan lupa share.