Skip to main content

Cara Cek Kapasitas Baterai Laptop Tanpa Aplikasi

Baterai merupakan salah satu komponen yang wajib di cek saat ingin membeli laptop second atau bekas. Hal ini dilakukan guna memastikan kondisi kesehatan dan kapasitas baterai laptop tersebut.

Saya sering menemui laptop bekas yang dijual hanya berupa laptop dan chargernya saja, sehingga untuk mengetahui seluruh informasi baterai, saya harus mengeceknya sendiri.

Mengecek kondisi baterai sangat penting untuk mengetahui apakah baterai laptop masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Berdasarkan pengalaman pribadi, saya pernah membeli laptop dengan kondisi baterai yang hanya bisa menyimpan 40% dari kapasitas. Alhasil laptop gampang drop dan tidak bertahan lama. Saat itu saya memang kurang teliti dan hanya terfokus pada RAM, VGA dan Storage.

Di Windows sebenarnya sudah tersedia fitur yang bisa kita gunakan untuk mengetahui atau mengecek kondisi kesehatan dan kapasitas baterai laptop secara lengkap dan akurat. Caranya sebagai berikut:

Cara Cek Kapasitas, dan Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Windows Tanpa Aplikasi

Cara ini hanya bisa dilakukan pada laptop berbasis Windows, khususnya Windows 10 dan 11. Dalam tutorial ini saya mengecek kapasitas dan kesehatan baterai pada laptop Asus dan Lenovo.

  • Langkah pertama, buka CMD dengan cara klik Start -> CMD atau bisa tulis dikolom pencarian. Buka dengan akses Run as administrator.
  • Kemudian ketikan D: atau F: lalu tekan enter. D dan F adalah lokasi yang digunakan untuk menyimpan laporan informasi baterai laptop anda. Pilih salah satu saja.
  • Setelah itu ketikan perintah powercfg/batteryreport lalu tekan enter.
  • Maka akan muncul tulisan "Battery life report saved to file path D:\battery-report.html. Artinya file data baterai tersimpan di partisi D laptop anda. File tersimpan dalam bentuk HTML.
  • Buka filenya lalu cari informasi Design Capacity dan Full Charge Capacity. Perhatikan kedua angka tersebut. Jika selisih antara kedua angka tersebut masih kurang dari 50%, maka kondisi baterai laptop masih baik. Akan tetapi, apabila sudah mencapai lebih dari 50%, maka kondisi baterai anda sudah buruk.

Penutup

Selain menggunakan cmd, mengecek kapasitas dan kondisi kesehatan baterai bisa juga dilakukan dengan aplikasi seperti Battery Bar, Battery Care dan Battery Info View. Semua aplikasi ini gratis dan dapat diinstall untuk Windows 10 dan 11.

Demikian Cara Cek Kapasitas, dan Kondisi Kesehatan Baterai Laptop Windows Tanpa Aplikasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan saya selanjutnya.