Skip to main content

Tutorial Setting Spotlight Vray Sketchup

Spotlight merupakan tool yang digunakan untuk membuat lampu sorot pada objek. Tool ini menghasilkan lampu sorot yang mirip dengan IES , hanya saja Spotlight tidak menggunakan file lampu.

Vray Spotlight menghasilkan cahaya lampu yang membuat visualisasi gambar terlihat lebih bagus dan menarik. Namun jangan terlalu banyak, karena akan mempengaruhi kualitas gambar.

Nah pada postingan kali ini, kita akan belajar cara men-setting spotlight di Vray Sketchup. Tutorial ini bisa anda gunakan pada Vray 4, dan 5. Silakan sesuaikan saja jika anda menggunakan versi program yang berbeda.

Tutorial Setting Spotlight Vray Sketchup

Berikut adalah langkah-langkah cara mensetting spotlight di Vray Sketchup.

Langkah 1: Menambahkan Spotlight Vray

Untuk menambahkan spotlight, caranya dengan klik "Vray Spot Light Tool", lalu letakan dimana saja anda suka.

Langkah 2: Mengatur intensitas cahaya Spotlight

Klik Vray Asset Editor, kemudian klik menu Lights setelah itu pilih Spotlight

Langkah 3: Mengatur sudut cahaya

Untuk mengatur sudut cahaya, cari menu "Cone Angle" dan "Penumbra Angle" dan atur nilainya sesuai keinginan. Cone Angle mengatur sudut cahaya yang lebih terfokus, sementara Penumbra Angle mengatur sudut cahaya yang lebih lebar.

Langkah 4: Mengatur warna cahaya

Untuk mengatur warna cahaya, cari pengaturan "Color" dan klik pada warna yang diinginkan. Anda juga dapat menambahkan efek warna dengan mengatur nilai "Temperature" sesuai keinginan.

Langkah 5: Menambahkan shadow

Untuk menambahkan shadow, buka menu Options, cari pengaturan "Shadows" lalu centang pilihan "On". Anda juga dapat mengatur intensitas shadow dengan mengatur nilai "Shadow Radius".

Penutup

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan saat menggunakan spotlight sebagai lighting utama misalnya posisikan spotlight dengan tepat, jangan berlebihan dan sesuaikan intesitas lampu dengan lampu lainnya.

Nah demikian tutorial cara mensetting dan menggunakan Spotlight Vray Sketchup. Semoga tutorial ini bermanfaat dan sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.